Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Mengenal Virus Penyebab Kanker

Hingga saat ini, kanker menjadi penyakit mematikan utama di dunia setelah jantung. Jumlah penderita kanker pun terus meningkat dalam jumlah yang sangat cepat.
Apalagi penyebab penyakit kanker belum diketahui secara pasti hingga kini. Kalangan medis masih terus berupaya untuk mencari dan menemukan virus penyebab kanker agar pengobatannya dapat dilakukan secara lebih efektif.

Kanker merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya perubahan pertumbuhan sel-sel dalam jaringan tubuh diluar kenormalan. Apabila sel normal tumbuh menurut tahapan yang terukur, maka pertumbuhan sel kanker di luar kewajaran. Yang mengerikan, sel kanker dapat menginfeksi sel normal menjadi abnormal dan menjalar ke jaringan tubuh lainnya.

Abnormalitas pertumbuhan sel pada penderita kanker terjadi akibat sejumlah faktor. Diantaranya karena faktor keturunan, terkena radiasi radioaktif ataupun radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari, maupun karena terinfeksi oleh suatu bakteri atau virus. Faktor-faktor inilah yang kemudian dikenal sebagai faktor risiko dan bukan penyebab dari penyakit kanker.

Virus HPV

Salah satu jenis virus penyebab kanker yang telah diketahui adalah Human Papilloma Virus atau HPV. Virus ini dikenal sebagai penyebab penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks. Ada banyak tipe virus HPV yang telah diketahui.
Namun yang paling berbahaya adalah HPV 16, 18, 45, 56, sedangkan yang sedang adalah tipe 31, 33,35,51,52,54, dan yang paling rendah tingkat bahayanya adalah tipe 6,11,42,43,44. Apabila sel jaringan tubuh terinfeksi virus ini maka sel akan tumbuh secara tidak normal.

Namun proses transformasi maupun metastasis sel yang telah terinfeksi virus HPV membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu dari 10 hingga 20 tahun. Selama proses ini, pertumbuhan sel abnormal mengalami naik turun, kadang aktif namun lebih sering pasif.
Sel ini akan aktif ketika daya tahan dan kondisi tubuh memburuk, meskipun keaktifannya tidak selalu disebabkan kondisi ini. Begitu juga gejalanya tidak dapat dirasakan karena lebih sering tidak menimbulkan efek yang berarti.

Bakteri Kanker

Meskipun virus penyebab kanker baru diketahui untuk kanker serviks, namun para ahli mikrobiologi kedokteran belum berani memastikan virus yang sama juga menyebabkan semua jenis kanker. Apalagi banyak faktor yang turut mempengaruhi faktor risiko seseorang terserang kanker. Salah satunya adalah bakteri helicobacter pylori, kuman berbentuk batang bengkok yang hidup di dalam mukus lambung yang juga menyebabkan kanker.

Meskipun kanker menduduki ranking utama sebagai penyakit yang mematikan, namun telah mampu diatasi dengan perkembangan dunia kedokteran yang demikian pesat. Banyak terapi yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kanker, diantaranya, diatermi, terapi krio, maupun dengan penyinaran sinar laser radioisotop.
Meskipun kanker dapat disembuhkan, tentu pencegahan akan lebih baik dilakukan. Untuk mendeteksi secara dini keberadaan virus HPV bisa dilakukan dengan imunisasi HPV.

Selain itu, kita juga dapat menekan kanker dengan meminimalisir faktor risikonya. Hindari atau cegah semua faktor risiko penyakit kanker. Yang tak kalah pentingnya, lakukan pencegahan secara alami dengan perilaku dan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung zat anti kanker dan anti oksidan.
 
Sumber : www.anneahira.com 

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources