Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Kanker Lidah

Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna. Mereka mempunyai lima indra. Salah satunya adalah indra perasa atau lidah.

Seperti bagian tubuh yang lain, lidah juga bisa terjangkiti penyakit. Penyakit paling sederhana yang biasa menyerang lidah adalah sariawan. Penyakit yang tergolong sederhana tersebut bila didiamkan dan tidak diobati bisa berubah menjadi penyakit yang serius.
Salah satunya adalah kanker lidah. Bila kita mendapati bintik putih pada lidah, serupa sariawan dan sudah diobati namun tidak kunjung sembuh, kemudian rasa nyeri yang menjalar ke telinga pada saat menelan, maka kita perlu mencurigai adanya gejala penyakit kanker pada lidah kita.

Kebiasaan mengonsumsi rokok dan alkohol yang berlebih dapat mengakibatkan lidah terinfeksi dan mengalami peradangan. Tampaknya hal itulah yang kemudian menyebabkan penyakit kanker menjangkit pada lidah. Rupanya, selain beberapa penyakit yang biasa menjangkiti paru-paru, perokok aktif juga bisa terkena kanker lidah. Maka, tidak heran apabila penderita kanker lidah mayoritas adalah para lelaki.

Kebersihan rongga mulut yang kerap diabaikan rupanya juga bisa menjadi salah satu penyebab sel kanker menyerang lidah. Kanker lidah sepertinya jarang kita dengar, kesan yang menakutkan pun sepertinya tidak terlalu bila dibandingkan dengan kanker paru-paru atau jenis kanker lainnya.

Kanker Paling Berbahaya

Namun, hal itu ternyata salah. Penyakit kanker lidah masuk dalam sepuluh jenis kanker yang berbahaya dan paling banyak diderita. Selain rokok, alkohol, dan kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga dengan baik, rupanya kanker lidah juga bisa disebabkan goresan pada lidah oleh gigi berlubang atau potongan gigi yang tajam. Sehingga, bukan tidak mungkin wanita dan anak-anak pun bisa terjangkit kanker lidah ini.

Penyakit kanker lidah ternyata juga dapat menyerang bayi. Kebersihan puting susu ibu saat menyusui bayi yang kurang diperhatikan menjadi penyebab timbulnya sel kanker pada lidah bayi. Pada usia lanjut, penyakit kanker lidah biasanya disebabkan oleh pemakaian gigi palsu yang tidak pas. Pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai ini mengakibatkan lidah jadi sering tergores, dan hal itulah yang dapat membuat sel-sel kanker pada lidah terangsang. Rupanya penyakit kanker lidah ini bisa disebabkan oleh rokok hingga gigi palsu.

Bila penyakit sudah dalam tahap lanjut, maka biasanya tindakan yang akan dilakukan oleh dokter adalah memotong bagian lidah yang sudah terjangkiti kanker tersebut.
Akan tetapi, apabila penyakit kanker lidah ini terprediksi dari awal dan belum terlalu kronis, penyembuhan bisa dilakukan dengan cara radioterapi.

Radioterapi adalah salah satu pengobatan yang menggunakan sinar pengion sebagai media utamanya. Sinar Pengion tersebut dipercaya mampu menghancurkan sel-sel kanker yang terdapat pada lidah. Sama halnya dengan Sinar X yang sudah lebih awal dikenal oleh masyarakat luas.

Sebenarnya, pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan, caranya tentu saja dengan menghindarkan hal-hal yang dapat memicu timbulnya sel kanker pada lidah. Seperti, tidak mengonsumsi rokok dan alkohol dalam jumlah banyak, dan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut.

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources