Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Gejala Kanker Hati

Biasanya, kanker hati dimulai pada sel hati atau hepatosit. Karena hepatosit berkonversi menjadi bentuk yang agresif, menyebabkan hati tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun kanker hati juga sering disebabkan dari metastasis, yaitu kanker dimulai dari bagian tubuh lain seperti usus besar, payudara, dan paru-paru dan kemudian menyebar ke hati. Gejala kanker hati seringkali tidak terdeteksi hingga kanker tersebut benar-benar menjadi ancaman yang serius.

Walau kanker hati sulit untuk dideteksi, namun kita bisa mewaspadai dari gejala-gejala kanker hati yang mengarah pada penyakit tersebut. Pendekteksian lebih dini akan adanya penyakit kanker hati akan membantu pada proses penyembuhan nantinya.

Berikut adalah gejala-gejala kanker hati yang perlu diwaspadai.

Penyakit Kuning
Penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan bagian putih mata kita yang disebabkan oleh akumulasi bilirubin dalam darah.

Berat Badan
Orang dengan gejala kanker hati mungkin kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang tidak signifikan. Ini disebabkan karena ketidakmampuan tubuh untuk memproses makanan.

Mual
Mual dan muntah adalah gejala kanker hati yang dihasilkan dari kurangnya empedu dan enzim yang diperlukan untuk mencerna makanan.

Sakit Perut
Kanker hati atau bisa juga disebut tumor hati yang menjadi besar dapat menyebabkan gejala tekanan dan rasa sakit di perut bagian kanan atas, rusuk, dan punggung.

Acites
Acites adalah istilah medis untuk perut bengkak akibat kanker hati yang menyerupai bentuk dan ukuran perut wanita hamil.

Kelelahan
Kelemahan otot dan kelelahan keseluruhan adalah gejala kanker hati lebih lanjut yang terjadi sebagai akibat dari kerusakan hati pada stadium yang mengkhawatirkan.

Pencegahan terhadap penyakit kanker tentu lebih utama daripada harus mengobati dengan biaya yang sangat mahal dan dengan risiko kematian. Oleh karena itu, kemungkinan terkena kanker ini harus dikurangi dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup. Kita bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan yang antara lain sebagai berikut.

  1. Vaksinasi anak-anak Anda pada usia dini terhadap hepatitis B. Karena hepatitis B merupakan salah satu faktor utama dalam yang bisa menyebabkan kanker hati. Pastikan anak-anak Anda diberi vaksin ini yang akan sangat mengurangi risiko terhadap penyakit kanker hati di kemudian hari.
  2. Mengurangi risiko Anda untuk tertular hepatitis C dengan mempraktikkan seks aman dan menahan diri dari menggunakan obat intravena. Mereka berbagi jarum suntik siapa atau yang berhubungan seks dengan berganti-ganti lebih berisiko terkena hepatitis C, yang dapat menyebabkan kanker hati.
  3. Kurangi atau tinggalkan konsumsi minuman beralkohol. Salah satu penyebab utama perkembangan kanker hati adalah karena konsumsi alkohol berlebihan.
  4. Berhenti merokok. Merokok merupakan penyebab yang signifikan dari beberapa kanker dan karenanya harus dihindari.
  5. Makan makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan alami yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian mencegah datangnya penyakit.
Nah, kenali gejala kanker hati sedini mungkin dan segera lakukan pengobatan. Jika ingin lebih aman, lakukanlah pencegahan seperti keterangan-keterangan di atas demi kesehatan Anda dan keluarga.

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources