Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Mengenal Penyebab Kanker Payudara

Kebanyakan kanker payudara menyerang wanita yang berusia di atas lima puluh tahun. Data dari badan kesehatan dunia WHO menyebutkan bahwa sebanyak tujuh puluh delapan persen wanita yang telah berumur lima puluh tahun menderita kanker ini.

Namun bukan berarti para wanita muda yang belum mencapai usia lima puluh tahun menjadi tidak waspada terhadap penyakit kanker yang satu ini. Oleh karena itu, diperlukan sikap waspada dan berusaha untuk mencegah kanker payudara dengan cara mengenal apa saja yang menjadi faktor penyebab kanker payudara.

Faktor Penyebab Kanker Payudara
Secara umum para ahli kesehatan belum dapat memastikan penyebab kanker payudara. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker ini, antara lain:


1. Menggunakan hormon esterogen untuk terapi yang biasa dilakukan pada masa menopause.
 
Hormon esterogen ini berfungsi sebagai obat untuk mengurangi gejala menopause. Selain itu, penggunaan hormon ini dapat juga untuk mencegah penyakit keropos tulang atau osteoporosis.
Akan tetapi, di balik beberapa manfaat tersebut ternyata hormon ini juga dapat memicu timbulnya kanker payudara.

2. Mengkonsumsi pil KB.

Penggunaan alat kontrasepsi berupa pil KB dalam jangka waktu yang lama dapat memperbesar resiko terkena kanker payudara.

3. Obesitas atau kegemukan terutama pada masa menopause.

4. Tidak memiliki keturunan atau hamil di masa tua.

Kehamilan dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara, karena dengan terjadinya proses kehamilan dapat mengurangi jumlah keseluruhan siklus menstruasi pada wanita semasa hidupnya.
Namun, wanita yang hamil anak pertama pada usia di atas tiga puluh juga memiliki resiko terkena kanker payu dara lebih besar dari pada wanita yang hamil di usia muda.

5. Tidak pernah menyusui anak juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker payudara.

Memberi ASI dalam jangka waktu minimal satu hingga dua tahun dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.

6. Merokok dan minum minuman beralkohol jelas sangat tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan buruk ini juga beresiko terkena kanker payudara.

7. Jarang melakukan aktivitas fisik atau berolah raga.

Berolah raga dapat menjaga kesehatan. Dengan berjalan selama minimal sepuluh jam dalam seminggu dapat mengurangi resiko kanker payudara.

8. Tidak memperhatikan gizi seimbang dalam mengkonsumsi makanan, seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan kurang makan serat juga memicu timbulnya kanker payudara.

9. Tubuh tidak dapat membangun sistem pertahanan yang baik

10. Faktor keturunan

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources