Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Mengenal Gejala Kanker Usus Besar dan Pencegahannya

Apabila Anda mengalami kesulitan atau masalah saat buang air besar lebih dari 3 hari, maka waspadalah. Apalagi bila saat buang air besar disertai keluarnya darah, kemungkinan Anda mengalami gangguan pada usus besar. Bisa juga ini merupakan gejala kanker usus besar yang harus segera ditindaklanjuti.
Kanker usus besar atau kanker kolorektal merupakan penyakit akibat kanker ganas yang menyerang kolon dan rectum, bagian dari usus besar yang terdapat dalam sistem pencernaan. Penyakit ini menduduki urutan ketiga jenis kanker penyebab kematian setelah kanker prostat atau kanker payudara dan kanker paru-paru. 

Faktor Penyebab Kanker Usus Besar
Belum diketahui secara pasti penyebab penyakit ini. Namun umumnya penyakit kanker usus besar diindikasikan atau dikaitkan dengan pengaruh lingkungan ataupun faktor genetika.
Sejumlah kasus penderita kanker usus besar terjadi pada orang yang saudara atau keluarganya juga terkena penyakit ini. Sedangkan pengaruh lingkungan bisa berasal dari konsumsi yang mengandung zat kimia, terkena radio aktif, maupun karena virus.
Seperti umumnya kanker yang menyerang tubuh bagian dalam, kanker usus besar juga sulit dikenali. Stadium awal serangan penyakit ini juga belum memperlihatkan gejala yang jelas dan pasti. Karena itu banyak penderita terlambat memeriksakan diri sehingga tidak bisa disembuhkan karena sudah melebar dan menggerogoti bagian tubuh lainnya.
Sejumlah gejala kanker usus besar yang sering terjadi meliputi :
  • Sulit buang air besar dalam waktu relatif lama atau hingga sebulan lebih. Kalaupun bisa buang air besar, feses berwarna gelap dan disertai adanya darah. Gejala ini umumnya disebabkan adanya gangguan pada saluran pencernaan, khususnya pada bagian usus besar.
  • Sakit perut yang terus menerus, disertai diare ataupun sembelit. Rasa sakit ini umumnya tidak mudah sembuh, setidaknya hingga 3 minggu lamanya, dan perlu dicurigai sebagai gejala penyakit kanker usus besar. Bahkan kadang rasa sakit ini tidak hanya terjadi pada bagian perut melainkan juga merembet ke bagian punggung.
Faktor Risiko
Penyakit kanker usus besar akan sangat sulit disembuhkan bila telah terlambat. Oleh karena itu akan lebih baik bila bisa dicegah sejak dini. Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya dengan menekan faktor risiko, meliputi :
  • Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, kalori, dan protein yang tinggi namun rendah serat. Begitu juga hindari makanan daging, khususnya daging mentah.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Pilih buah dan sayuran yang banyak mengandung kalsium , asam folat, vitamin E, D, serta mengandung zat anti oksidan.
  • Rajin-rajinlah berolah raga untuk meningkatkan stamina tubuh. Sejalan dengan itu hindari merokok ataupun mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Hati-hati dengan diet ketat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Kanker kadang menyerang ketika kondisi tubuh dengan menurun.
  • Karena kanker ini umumnya menyerang manusia yang telah berusia diatas 50 tahun, sebaiknya lakukan pemeriksaan darah sejak usia 40 tahun untuk mendeteksi sejak dini kemungkinan penyakit ini. Lebih awal gejala kanker usus besar dikenali, maka akan lebih mudah dalam penanganannya.

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources