Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Jenis-Jenis Kanker Secara Umum

Kanker merupakan klasifikasi penyakit yang dicirikan dengan pertumbuhan sel yang abnormal. Terdapat lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda dan setiap kanker dibagi lagi ke dalam jenis sel yang mempengaruhinya. 
Kanker menyerang tubuh ketika sel-sel yang rusak membelah diri tak terkontrol hingga membentuk benjolan atau tumor jaringan.Tumor ini dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, saraf, dan peredaran tubuh serta dapat melepaskan hormon yang mampu mengubah fungsi tubuh.

Jenis-jenis Kanker Umum
Berikut ini adalah jenis-jenis kanker umum yang sering diderita oleh kebanyakan orang.

1. Kanker Kandung Kemih
Kanker kandung kemih merupakan kanker yang terbentuk di jaringan kandung kemih (organ yang menyimpan urin). Sebagian besar kanker kandung kemih merupakan transisi sel karsinoma (kanker yang diawali dari sel-sel yang biasanya membentuk lapisan dalam kandung kemih).
Jenis lainnya adalah karsinoma sel skuamosa (kanker yang diawali dari sel datar), dan adenokarsinoma (kanker yang diawali dari sel-sel yang membuat dan melepaskan lendir dan cairan lainnya). 
Sel-sel yang membentuk karsinoma, sel skuamosa, dan adenokarsinoma berkembang di lapisan dalam kandung kemih sebagai akibat dari iritasi kronis dan peradangan

2. Kanker Payudara
Kanker yang terbentuk di dalam lapisan payudara, biasanya di saluran (jaringan yang membawa susu ke puting) dan lobulus (kelenjar yang membuat susu). Kanker payudara dapat menyerang laki-laki dan wanita, meskipun laki-laki sangat jarang terserang kanker payudara.

3. Kanker Usus Besar dan Rektal
Kanker usus besar merupakan jenis kanker yang terbentuk di dalam jaringanusus besar. Kebanyakan kanker usus besar merupakan adenokarsiomas (kanker yang dimulai dari sel-sel yang membuat dan melepaskan lendir dan cairan-cairan lainnya). Kanker rektal merupakan jenis kanker yang terbentuk di dalam jaringan rektum.

4. Kanker Endometrial
Kanker yang terbentuk di jaringan lapisan rahim (organ kecil, berongga, dan berbentuk seperti buah pir yang terletak di panggul wanita tempat janin berkembang). Sebagian besar kanker ini bersifat endometrium adenokarsinoma (kanker yang diawali dari dalam sel yang membuat dan melepaskan lendir dan cairan lainnya).

5. Kanker Ginjal
Kanker yang terbentuk di jaringan ginjal. Kanker ginjal termasuk karsinoma sel ginjal (kanker yang terbentuk pada lapisan tabung yang sangat kecil di ginjal yang menyaring darah dan mengeluarkan sampah tubuh) dan karsinoma ginjal panggul (kanker yang terbentuk di tengah-tengah ginjal di mana urin dikumpulkan).

6. Leukimia
Jenis kanker yang diawali pada saat pembentukan jaringan-jaringan darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah yang diproduksi dan masuk ke dalam aliran darah.

7. Kanker Paru-Paru
Kanker yang terbentuk pada jaringan paru-paru, biasanya terdapat pada sel-sel lapisan saluran udara. Dua jenis utama dari kanker paru-paru adalah sel kanker paru-paru kecil dan bukan sel kanker paru-paru kecil. Jenis kanker ini didiagnosa di bawah mikroskop berdasarkan jenis selnya.

8. Melanoma
Sebuah bentuk kanker yang terbentuk di dalam melanosit (sel yang membuat pigmen melamin). Awalnya mungkin dimulai di dalam mol (melanoma kulit), tetapi juga bisa dimulai dari jaringan pigmen lain, seperti mata atau di dalam usus.

9. Kanker Pankreas
Sebuah kanker ganas yang ditemukan di dalam jaringan pankreas yang juga disebut dengan kanker eksokrin.

10. Kanker Prostat
Kanker yang terbentuk di jaringan prostat (kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki yang terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum). Kanker prostat biasanya menyerang pada pria yang lebih tua umurnya.

11. Kanker Tiroid
Kanker yang terbentuk di kelenjar tiroid (organ di dasar tenggorokan pembentuk hormon yang membantu mengendalikan detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan berat tubuh).
Kanker tiroid ini terdiri atas empat jenis, yaitu kanker tiroid papiler, folikuler, meduler, dan kanker tiroid anaplastik. Empat jenis kanker tiroid ini didasarkan pada ketampakan selnya apabila dilihat di bawah mikroskop.
Dengan menyadari betapa bahaya kanker, ada baiknya diperlukan pengetahuan dan tindakan dini untuk mengetahui jenis dan tingkatan kanker. Untuk amannya, periksakan diri Anda secara rutin ke dokter untuk mengetahui ada atau tidaknya kanker yang menyerang Anda.
Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources