Show My Profiles Or My Profiles on Facebook »

Selasa, 30 November 2010

Faktor Resiko dan Penyebab Kanker Prostat

Bila wanita mempunyai penyakit kanker yang khas seperti kanker payudara atau kanker rahim, maka kanker prostat merupakan jenis penyakit kanker khas kaum adam. Namun kanker prostat umumnya menyerang laki-laki lanjut usia, dengan tingkat kematian yang cukup tinggi. Hal ini terutama disebabkan penyebab kanker prostat sulit diketahui dan gejalanya juga sulit dikenali.
Beberapa gejala yang sering dikeluhkan penderita kanker prostat diantaranya gangguan pada saluran kencingnya. Seperti merasa sangat ingin (kebelet) kecing secara tiba-tiba, saat kencing sering tidak tuntas, atau malah mengalami kesulitan untuk mengeluarkan air seni. Ada pula penderita yang saat mengeluarkan air seni dibarengi dengan darah.

Gangguan Ereksi
Bagi Anda pria berusia dibawah 45 tahun namun telah mengalami gangguan ereksi, waspadalah terhadap kemungkinan kelainan prostat. Begitu juga saat Anda berhubungan dengan istri, ereksi yang telah terbangun tiba-tiba lemas dan lenyap begitu saja tanpa sebab yang jelas. Gejala ini bisa jadi merupakan dampak kanker yang menetap dalam kelenjar prostat Anda.
Gangguan pada ereksi merupakan gejala lain, yang tak jarang muncul pada penderita kanker prostat. Salah satu fungsi prostat adalah mengeluarkan semen atau zat yang berperan memberikan makan pada sel sperma dan melindungi gerakan sperma menuju sel telur. Kelainan pada prostat tentu saja akan sangat mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkannya. 

Faktor Risiko
Prostat merupakan kelenjar yang terdapat dalam rongga reproduksi pria, terletak dipangkal saluran kemih dan sebelum kantung kemih. Kelainan pada prostat dapat menyebabkan berbagai gangguan terhadap sejumlah fungsi yang berhubungan dengan fungsi reproduksi kaum pria. Begitu letaknya di samping saliran kemih dapat mempengaruhi fungsi pembuangan air seni bila terdapat kelainan pada prostat. 
Sebenarnya, seiring bertambahnya usia, prostat juga akan mengalami pembengkakan atau pembesaran. Kondisi ini tak selalu berhubungan dengan kanker. Namun penyebab kanker prostat akan diketahui apabila terdapat faktor risiko yang mempengaruhi. Seperti riwayat penyakit ini dalam keluarga.
Dari hasil penelitian, pria Asia sangat jarang terkena kanker prostat. Penyakit ini justru banyak ditemukan pada pria berkulit hitam di Afrika dan pria berkulit putih, terutama di Amerika Serikat. Faktor penyebab yang banyak ditemukan diantaranya banyaknya penderita prostat yang melakukan hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan.
Begitu juga dengan faktor usia turut menentukan risiko terkena penyakit ini. Semakin bertambah usia akan semakin tinggi faktor risiko pria terkena kanker prostat. Penyakit ini banyak melanda pria berumur di atas 65 tahun, dan sangat jarang terjadi pada pria di bawah umur 45 tahun. 
Selain berbagai faktor risiko tersebut, penyebab kanker prostat juga dimungkinkan dari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia. Gaya hidup modern yang lebih sering mengkonsumsi makanan atau minuman kemasan yang banyak mengandung zat-zat kimia, dapat terakumulasi sepanjang hidup penderita.
Dengan mengetahui gejala maupun faktor risiko yang ada, akan lebih mudah dalam mendeteksi kemungkinan penyakit ini. Termasuk pencegahannya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung zat anti oksidan maupun anti kanker.

Sumber : www.anneahira.com

0 komentar:

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources